Rabu, 11 September 2013

MISTIS DANAU TIGA WARNA

Kecantikan Mistis Danau Tiga Warna

Keajaiban alam yang satu ini pastinya akan membuat travelers berdecak kagum. Bagaimana tidak, ada gunung yang pada puncaknya terdapat danau, tidak hanya satu, tapi sekaligus tiga dan bisa berubah warna pula. Wow, sungguh keajaiban alam yang menakjubkan.
Hal ini pula yang membuat wilayah sekitar Gunung Kelimutu dijadikan salah satu dari enam taman nasonal yang ada di Bali dan Nusa Tenggara. Tiga danau yang terletak di puncak Gunung Kelimutu ini dinamai dengan nama yang sama, dan terkenal dengan sebutan Danau Kelimutu.

Tiga danau ini mempunyai tiga warna yang berbeda pula. Setiap danau memiliki warna dan arti masing-masing. Masyarakat lokal di NTT ini meyakini bahwa ketiga danau ini merupakan tempat bersemayam roh-roh yang memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.
Danau berwarna biru diberi nama “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” yaitu tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal yang selama hidupnya melakukan kejahatan. Sementara, danau berwarna putih bernama “Tiwu Ata Mbupu” adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.
Danau Kelimutu ini pun terkenal karena bisa berubah warna sewaktu-waktu dan tidak dapat diprediksi kapan dan perubahan warnanya. Kadang warna danau biru, hijau dan hitam. Sedangkan di lain waktu bisa menjadi putih, merah dan biru, lalu beberapa waktu kemudian menjadi coklat tua.
Image : floresexplore.com
Penduduk setempat mempercayai perubahan warna air pada danau merupakan pertanda akan ada bencana besar yang melanda. Namun, secara ilmiah perubahan yang terjadi dikarenakan beberapa faktor seperti aktivitas vulkanik gunung itu sendiri, biota dalam air, bebatuan dalam kawah serta pengaruh cahaya matahari.
Travelers yang penasaran ingin melihat danau ini secara langsung, bisa memulainya dari Moni, kota kecil yang letaknya dekat dengan lokasi danau dan sering dijadikan basecamp para backpacker. Sekitar 45 menit berkendara, anda akan dihibur oleh pemandangan indah di sepanjang jalan menuju lokasi danau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar