Rabu, 11 September 2013

MITOS ISTANA MAIMUN DAN MARIAM PUNTUNG DI KOTA MEDAN

Istana Maimun, Sisa sisa Kemegahan Kerajaan Deli di Medan yang Penuh Mistis

Istana-maimun
Berkunjung ke kota Medan belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Istana Maimun. Yups, Istana ini merupakan istana yang Megah dan memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Istana Maimun pun sering disebut sebut sebagai tempat tujuan utam wisata di kota Medan. Namun sayangnya keberadaan Istana Maimun kini sangat kurang mendapatkan perhatian lebih.
Istana Maimun
Istana Maimun merupakan istana peninggalan kerajaan Deli yang dipimpin Sultan Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tahun 1973. Istana Maimun sempat ditempati oleh 4 Sultan Melayu yang memerintah saat itu. Istanan ini dibangun pada tahun 1988 yang diarsiteki oleh TH Van Erp yang bekerja juga sebagai Konijnlijk Nederlands-Indische Leger (KNIL), atau tentara Kerajaan Hindia-Belanda. Desain bangunannya adalah perpaduan antara Indonesia, Persia, dan Eropa. Nuansa Melayu dan Islam jelas terlihat di bangunan yang terletak di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun ini.

Istana Maimun kini menjadi tempat wisata sejarah di Medan

Banyak barang barang peninggalan kerjaan Deli seperti foto foto, baju adata, maupun senjata kerajaan Deli di pajang di dalam Kompleks istana ini.
Masih didalam Kompleks istana terdapat teempat Meriam Putung yang memiliki nilai mistik sendiri bagi orang Medan. Kono meriam ini merupakan jelmaan dari adik Putri Hijau yang berasal dari Kerajaan Deli Tua. Sang Putri menjelma di saat terjadi perang antara kerajaan Aceh dan Melayu. Hal ini karena pinangan Raja Aceh ditolak oleh Putri Hijau. Pecahan dari meriam ini tersimpan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Untuk memasuki Istana Maimun, pengunjung cukup membayar Rp 5.000 per orang. Di dalam ruang utama istana, terdapat pelaminan Melayu yang sangat bagus dan megah. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen di depan pelaminan ini.
Bagi traveller yang sedang jalan jalan di kota Medan, jangan lupa untuk berkunjung di Istana Maimun yang menjadi kebanggan Kota Medan ini. Selain meinikmati keindahan dari kemegahan Istan ini kita dapat belajar mengenai sejarah Kerajaan Deli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar