Rabu, 11 September 2013

TUNGGAL PANALUAN SIMBOL KESAKTIAN

Tunggal Panaluan Mistis Simbol Kesaktian

Tunggal Panaluan
Tunggal Panaluan
Bangso (bangsa) Batak menyebutnya dengan sebutan tungkot ni raja, yang artinya tongkat para raja. Menurut adat dan tradisi Batak, tongkat yang memiliki artistik ukiran yang indah dan mistis ini merupakan simbol kesaktian pemiliknya.
Sayangnya tongkat-tongkat magis ini, kini lebih banyak menghiasi pajangan para kolektor barang-barang pusaka yang sebenarnya kurang begitu tertarik dengan kisah sejarah dan awal kesaktiannya.
Dahulu, yang memiliki tunggal panaluan hanyalah pribadi yang terpandang dalam ilmu pengetahuan, pengobatan, peperangan maupun penguasaan ilmu hadatuon lainnya. Orang-orang tersebut sudah tidak dapat ditemukan lagi pada masa kini. Namun, kesaktian yang tersimpan dalam tongkat tersebut, mungkin dapat membuat Anda merasakan bagaimana ia mengalir kepada pemiliknya.
Seorang antropolog Amerika, Winkler J,  dalam bukunya Die Toba-Batak Auf Sumatra Und Gesunden Kranken Tagen, New Series, volume 32, nomor 4 (Oktober – Desember, 1930), halaman 682-687, memaparkan bahwa tunggal panaluan merupakan staf sihir yang digunakan oleh dukun dari orang Batak, yang tinggal di dataran tinggi Sumatera Utara, Indonesia.
Tongkat tradisional tunggal panaluan ini dibuat dari kayu yang diukir dengan beberapa tokoh manusia dan dihiasi dengan bulu kuda serta berisikan otak manusia yang telah dimasak. Cukup mendirikan bulu kuduk memang!
Dalam sebuah laporan penelitian yang berjudul “Pengumpulan dan Dokumentasi Ornamen Tradisional di Sumatera Utara”, dijelaskan bahwa terciptanya tunggal panaluan ini juga diartikan sebagai sebuah peringatan. Pengartian tersebut didasari oleh kisah sejarah yang menceritakan asal mula tongkat sakti ini pertama kali dibuat.
Sebenarnya, ada beberapa versi mengenai kisah terjadinya tunggal panaluan yang memiliki persamaan dan perbedaan, sehingga motif yang terdapat pada tongkat ini juga bervariasi.

2 komentar:

  1. Jadi versi yang benar yang mana sebenarnya? asal mula tongkat sakti panaluan!tolong diimformasikan sejarah cerita yang sebenarnya supaya si pembaca tidak gamang Okey.

    BalasHapus
  2. Jadi versi yang benar yang mana sebenarnya? asal mula tongkat sakti panaluan!tolong diimformasikan sejarah cerita yang sebenarnya supaya si pembaca tidak gamang Okey.

    BalasHapus